Cara mengetahui kerusakan pada printer laser

Assalammualaikum wr.wr
Wuihhhh dah lama sekali gak posting neh…. Posting kali ini tentang printer laser jet hp 1000 series.

__________________________________________________________
Mau dapat komisi dari program komisi gratis ikuti link Komisi gratis
Dapatkan info keperkasaan di rahasiakeperkasaan.com
Berwirausaha online dengan modal gratis di wirausaha online
Spare part Epson LQ 2180 / LX 300+ murah dapatkan di sparepart murah
__________________________________________________________
Kerusakan-kerusakan ini sering terjadi pada printer :
hp laserjet 1000
hp laserjet 1200
hp laserjet 1300
hp laserjet 1010
hp laserjet 1015
hp laserjet 1020 dan bis terjadi pada semua printer jenis laser.
Kelebihan printer ini jarang sekali rusak pada mainboardnya yang sering rusak adalah bagian pemanas, bisa di filmnya atau lowernya.
disini saya akan menjelaskan bagian-bagian dari pemanas dan indikasi dari kerusakan kerusakan yang di akibatkan dari bagian bagian pemanas.
Pemanas atau hitter terbagi menjadi,
1. Hitting yaitu batangan untuk menempatkan “hitting element” yang berisi Resistor pengatur panas pada hitter. jika R nya rusak atau putus, printer tidak mau warming upp pada saat printer dinylakan.
2. Hitting Element yaitu keramik tipis panjang untuk mengalirkan panas yang digunakan untuk menempelkan serbuk toner pada kertas. jika hitting element ini rusak serbuk toner tidak mau lengket pada kertas.
3. Film atau fusr film yaitu lapisan teflon yang melapisi hitting dan hitting element supaya panasnya gak langsung mengenai serbuk toner yang menempel pada kertas. Bagian inilah yang sering rusak pada printer laser. indikasi dari kerusakan film adalah kertas keluanya lecek karena filmnya sobek.
4. Lower preasure, untuk laser 1000s warna hitam dan untuk 1010s warna merah.  roll bantalan dari spon berlapiskan plastik tahan panas. kertas yang masuk akan melalui ini dan juga film. jika bagian ini rusak, indikasinya kertas tidak mau keluar atau print setengah trus berhenti.
Demikian teman-teman postingan saya kali ini mengenai kerusakan yang terjadi pada printer laser khususnya hp, kemungkinan laser yang lain pun saya rasa juga sama. jika ada pertanyaan silahkan dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain.
Wassalamualaikum wr.wr
37 Komentar

Filed under LaserJet

37 responses to “Cara mengetahui kerusakan pada printer laser

  1. salam gan…..

    gue punya masalah sama printer hp laser jet 1000, waktu di hidupkan normal2 saja, tapi sewaktu untuk mencetak selalu gak bisa, lampu warna hijau mati dan yang menyala hanya lampu warna orange….
    peringatan dikomputer:
    1. Tutup depan Terbuka atau kurang rapat
    2. Toner habis

    tapi setelah saya cek, tutup depan tertutup dengan baik, dan toner juga masih ada….

    mahon bantuannya gan……….

  2. ADNAN SERVISINDO KOMPUTER

    @DARK DEVIL:
    kemungkinan kerusakannya di heating element broo…

  3. gan saya punya komputer
    printer hp
    tapi gak mau nyetak
    gimana solusinya

  4. ADNAN SERVISINDO KOMPUTER

    @ari collection: gak mau nyetak kemungkinan bisa rusak heating.
    coba lebih spesifik lagi penjelasannya, misal: dinyalain gak ada tanda2 kehidupan hanya led nyala.

  5. mw nanya.., klw mw ganti pemanas tipe 1020 biayanya brapa ya…??plz infonya ya..??
    thanks

  6. ADNAN SERVISINDO KOMPUTER

    @Pearly Kaylia: pemanas ada 3 bagian
    1. film = 125.000
    2. Heating = 150.000
    3. heating element = 150.000
    kuran lebih biaya segitu tinggal kerusakannya di bagian yang mana. harga tiap daerah kemungkinan berbeda.

  7. Denawan

    Saya punya masalah pada laserjet 1000 saya lampu indikator tidak ada yang menyala sama sekali, namun pada saat power terhubung ada suaranya seperti biasa dan sy sambungkan cable usb ke pc, tidak terdeteksi sama sekali, padahal kabel usbnya sdh sy ganti baru….kira2 apa masalahnya ya ????? mohon info gan

  8. Willy

    saya ada masalah printer 1010, tidak bisa berhenti print (tidak ada perintah print) akan selalu minta kertas untuk dimasukan, apa kira2 permasalahannya

  9. cahyo

    klo hp laserjet 1010 mati total,gmn solusinya gan….

  10. abin

    HP laserjet 1015 ane gak kedetect ke PC, testprint langsung dari printer tanpa PC normal.Lampu LED normal.Tolong Infonya ya gan..

  11. chimot

    BROW, and MAs2 atau tante2. Ane punya printer HP laserjet 1200 tapi lampu kuningnya nyala terus dan nga bisa geprint. gmana cara benerinnya?
    soalnya tadi nga sengaja klik Update apa gitu di komputer ane

    • coba buka front cover lalu tutup lagi apakah ada respon (ada gerakan seperti memutar didalam). kalo tidak ada terasa gerakan sama sekali kemungkinan ada sensor yang rusak atau nyangkut. semoga bisa membantu

  12. ade

    mw tanya mas2 sekalian!!!
    hp laserjet 1000 bwt ngeprint hasilx cm item aj !!!
    slhnya dmn yach ???

  13. chimot

    oh, makasih mas Atas jawabannya. ini sangat membantu, terimakasih

  14. mu tanya gan printer d kantor ane hp laserjet 1200
    skg kalo ngeprint keluarnya tulisan ama kode2 ga jelas doang
    ngeprint nya 1 tapi kertas yg ketarik 3 lbr
    trus prinan kita nya ga ada
    yang ada dman tulisan ma lambang ga jelas d atas doang
    kira2 apanya yah
    mohon bantuan nya
    thanks…

  15. Jcom

    mau tanya nich, aq punya printer hp 1010.
    waktu di nyalakan lampu peringtan nyala terus. sudah d cek di bagian cartridge dan printernya, dibersihin juga sudah tapi tetap menyala terus dan otomatis printer tidak bisa dipakai buat ngeprint.
    ada solusi gak?

  16. nyoman jappa

    salam kenal mas, saya nyoman dari bali mau nanya hp laserjet 1300 saya kalo di hidupkan sebentar nyala terus mati lampu hijaunya kalo buka coper depan hidup lagi tapi sebentar mati lagi, adi nggak bisa print mohon bantuannya mas…..trim’s

  17. Arief

    Permisi, saya mau tanya mas, saya punya printer hp laserjet 1020, lampu normal, booting awal pass dinyalain normal, tapi misalnya kita print 10 lembar, biasanya per 2 atau 3 lembar printer nya kayak booting pass awal dinyalain, kayak lemot mikirnya, kira” kerusakan dari apanya ya mas?, terima kasih.

  18. risap

    gan dimana saya bisa mendapatkan film pemanas printer HP Laserjet 1020

  19. Bang, printer hp laserjet 1020 ane waktu mau print, ada warning “The HP Laserjet 1020 has the front cover door open or the toner cartridge is missint” padahal udah nutup sama toner nya udah ada, masalahnya apa ya?

  20. ahmad qodri

    saya punya HP laserjet 1200 menyala lampu hijau dan oranye. jadi perintah print eror, masalahnya apa ya..?

  21. ahmad qodri

    hp laserjet 1200 lampu nyala semua hijau dan oranye, perintah print eror, kenapa ya gan…?

  22. Hadi

    Gan saya mw tanya ni..

    Saya punya printer hp Laserjet 1020, ketika di print kertas nya nyangkut tu kira2 masalah nya di mana y..??

  23. slamet

    gan, ane mau tanya..
    printer hp laserjet 1300 ane kok lampunya blinking orange terus ya padah udah ane ganti catridge toner baru..
    itu masalahnya apa ya??

  24. arhie

    gan saya punya print laserjat 1000 g bisa nyala tapi pada saat colokin kabel power ada suara

Tinggalkan Balasan

